Selamat Datang Di Website Resmi Desa Cipeujeuh  

Sejarah Desa

Administrator 01 Maret 2019 15:38:09

SASAKALA PENAMAAN DESA CIPEUJEUH

Menurut beberapa sumber, ada dua pengertian yang dipakai untuk penamaan Cipeujeuh sebagai sebuah desa yang ada di Kecamatan Pacet.

Pertama, berkaitan dengan tradisi pada zaman penjajah Belanda sekitar tahun 1818. Pada waktu itu, Cipeujeuh sering dikunjungi oleh para pemuka, pemimpin atau gegeden. Mereka sengaja singgah dan memberikan peupeujeuh kepada para penduduk atau rombongan yang berhenti untuk melanjutkan perjalanan. Dalam tradisi Sunda, kata peupeujeuh merupakan ungkapan cinta dan perhatian seorang pemimpin kepada bawahannya sebelum melakukan tugas-tugas berat. Sejak saat itu, tempat tersebut dikenal dengan sebutan cipeujeuh.

Kedua, penamaan Desa Cipeujeuh berkaitan dengan kondisi geografis daerah tersebut. Ci artinya Cai, Peujeuh artinya Meujeuh (cukup), maksudnya                              cai anu meujeuhna (air yang cukup) mengingat Desa Cipeujeuh tidak pernah kekurangan air walau pada saat musim kemarau panjang. Pengertian ini didukung dengan kondisi Cipeujeuh yang dialiri oleh dua sungai besar: dari arah barat dilalui oleh sungai Cilame yang mengalir sampai ke daerah Kecamatan Ciparay, sedangkan dari arah Timur, dilalui oleh sungai Citarum yang mengalir ke Kecamatan Majalaya dan muaranya sampai ke Cirata. Dari Sungai Citarumlah tercipta tiga sungai primer yang mengaliri semua wilayah Desa Cipeujeuh. Sungai tersebut adalah: Sungai Butul, Sungai Cibodas dan Sungai Cipeujeuh. Dari ketiga Sungai ini wilayah Cipeujeuh menjadi wilayah yang basah dan menjadi sentra pertanian dan perikanan sampai saat ini. Kalaupun di Cipeujeuh terdapat daerah kering yaitu di sekitar Pasir Salam dan Pasir Astana itu hanya sebagian kecil wilayah, yang pada kenyataannya daerah tersebut pun menjadi tempat resapan air untuk ditanami perkebunan bambu dan tempat pemakaman umum.

Disamping itu, di Cipeujeuh juga terdapat Irigasi Primer tepatnya di Kampung Butul Girang dari irigasi ini didistribusikan kebutuhan air untuk pertanian dan perikanan yang ada di Desa Cipeujeuh dan Desa Tanjungwangi juga untuk kebutuhan air pertanian di Kecamatan Ciparay dan Majalaya.

ESTAFETA KEPEMIMPINAN DI DESA CIPEUJEUH

Sampai saat ini sudah terjadi  sebelas kali perpindahan dan perubahan kepemimpinan yang diketahui pernah menjabat menjadi Kepala Desa di Desa Cipeujeuh:

1.  Kades Ulud  Tahun 1894 – Sampai Meninggal Dunia Tahun 1909

Pada masa kepemimpinannya pemerintahan desa belum mempunyai balai desa atau kantor desa mengingat pada saat itu Cipeujeuh belum diresmikan oleh Wadana sebagai Pembantu Bupati yang berpusat di Kewadanaan Ciparay.

2. Abdul Fatah Tahun 1909 – Sampai Meninggal Dunia Tahun 1922

Mulai merintis dan membuat Balai Desa bersama bapak Mudari yang mempunyai posisi sebagai Pulisi Desa.

3. Muhamad Wiriadireja Tahun 1922 – Sampai Meninggal Dunia Tahun 1942

Pada masa kepemimpinannya Desa Cipeujeuh mulai bangkit dan membangun sistem pemerintahan yang moderen. Hal ini terlihat dengan munculnya aset-aset desa yang dipergunakan bagi masyarakat juga aparatur pemerintahan  untuk membangun desa. Seperti, Carik Desa yang masih dimanfaatkan sampai  saat ini.

4. Nahrowi Tahun 1942 - 1943

Jejak langkah yang bersangkutan saat memimpin Desa Cipeujeuh tidak diketemukan referensinya.

5. Afandi Tahun 1943 – Sampai Meninggal Dunia Tahun 1958

Pada masa kepemimpinannya Cipeujeuh mengalami beberapa peningkatan pembangunan salah satunya adalah:

a.

Terciptanya pola swadaya masyarakat yang sangat bagus. Pada saat itu Desa mampu membeli sebuah kendaran roda empat (Truk) yang dikumpulkan dari kas desa disamping pengumpulan sumbangan dari masyarakat.

b.

Terciptanya pola keamanan masyarakat yang disebut dengan RSP, OKD dan OPR yang didampingi oleh Bataliyon 305.

c.

Mulai dibangunnya pola irigasi pengairan yang bersifat sederhana dengan membuat tanggul-tanggul di daerah Wanir meskipun bukan termasuk daerah Cipeujeuh.

d.

Dengan memanfaatkan tangulan air mulai merintis dan membangun Turbin dan meskipun sederhana terciptalah Penerangan Listrik Tenaga Air yang dapat menerangi Kp. Butul.

e.

Dalam bidang lingkungan hidup, pada masanya masyarakat diperintahkan untuk menanam  pohon di sekitar jalan raya.

6.  Subki Tahun 1958 - 1962

Beliau merupakan orang kaya raya di Kampung Butul.

7. Adang Hidayat Tahun 1962 - 1964

Beliau merupakan satu-satunya Kuwu atau Kades Desa Cipeujeuh yang bukan orang pribumi asli, karena beliau berasal dari Kampung Simpang Desa Wangisagara yang pindah domisili ke Cipeujeuh. Profesi asli beliau sendiri adalah sebagai seorang tenaga pengajar di SR atau SD di Desa Cipeujeuh (Cilandak). Pada masanya, Desa pernah membangun kantor pemerintahan yang lokasinya di Kampung Butul sekarang di pakai bangunan SDN Cipadaulun.

8. Omo Sukarna Tahun 1964 - 1974

Beliau merupakan Kades pertama yang proses pengangkatannya dipilih secara langsung dan memindahkan lokasi Kantor Desa Cipeujeuh dari Kampung Butul ke Kampung Pasir Astana sampai sekarang.

9.  Apay Subki Tahun 1974 - 1988

Pada masa beliau Desa Cipeujeuh di mekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Tanjungwangi.

10. Umar Ocin Tahun 1988

Beliau menjabat samapai Tahun 1998

11. H. Deden Abdurachman Tahun 1999 - 2012

Beliau adalah cucu dari H. Muhamad Wiradireja Kuwu Cipeujeuh ketiga, dan mejadi Kepala Desa dua periode dengan system pemilihan secara langsung.

12. Paruq Sulaeman, S.Ag. mulai dari tahun 2013

Beliau adalah anak dari H. Umar Ocin Kepala Desa kesepuluh.

Namun belum juga sampai pada akhir  masa bakti kepemimpinannya yang telah ditentukan , beliau lebih dulu dipanggil oleh sang Kholiq dan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa Cipeujeuh  Dipimpin oleh PLT dari Kecamatan TEDI TOLHAH, S.Pd.MM

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Pacet - Majalaya Km 09
Desa Cipeujeuh
Kecamatan Pacet
Kabupaten Bandung
Kodepos 40385
Telepon
Email

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung